Perajin Pekalongan akan Bangun Kampung Batik

Kalangan perajin di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, akan membangun kampung batik di kawasan Kemplong dan Kepatihan, Kecamatan Wiradesa sebagai salah satu tempat pembelajaran batik.

Pengurus Paguyuban Pecinta Batik Pekalongan, H Failasuf di Pekalongan, Selasa mengatakan, rencana pembangunan kampung batik ini sudah lama digagas dan kini mulai disosialisasikan ke masyarakat.

Perajin Pekalongan akan Bangun Kampung Batik

“Kami berharap gagasan pendirian kampung batik ini akan mendapatkan tanggapan positif masyarakat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pendirian kampung batik batik ini didukung sekitar 50 pengusaha batik yang ada di kawasan Kemplong dan Kepatihan. Kampung batik ini diharapkan dapat mendorong pengembangan batik.

Untuk mewujudkan pembangunan kampung batik nanti, para pengusaha akan dibantu pemerintah daerah setempat khususnya Bapedda, DPU, dan Dinkop/UKM.

“Kami akan bekerja sama dengan pihak Bapedda, DPU, dan Dinkop guna mendampingi pada proses perencanaan konsep ini,” katanya.

Ke depan, katanya, konsep kampung batik ini akan mempermudah masyarakat maupun wisatawan untuk mengetahui proses-proses membatik.

“Jadi selain membeli batik,a konsumen akan mengetahui bagaimana tahapan membuat batik,” ujarnya.

Staf Humas Asosiasi Ekportir Pengusaha “Handycraft” Pekalongan, Yayan mengatakan, sangat mendukung pembangunan kampung batik yang dilakukan oleh perajin batik Pekalongan.

“Ini akan berdampak positif terhadap kerajinan batik Pekalongan yang saat ini sedang terpuruk,” katanya.

Ia berpendapat sebaiknya pembangunan kampung batik dilengkapi fasilitas umum lainnya seperti minimarket, “home stay”, dan sarana penunjang lainnya, sehingga konsumen yang datang ke lokasi bisa nyaman.

“Keuntungan lain dari pembangunan kampung batik, kelak bisa menjadi salah satu tujuan wisata dan sarana promosi,” katanya.

Sumber : (antara/pur) >Republika Online, Pekalongan