Spirit Kreatif pada Kebaya Batik Klasik

JOGJA Bangkit! Inilah yang tengah menjadi jargon pada hari-hari terakhir ini – sehubungan dengan recovery segala unsur kehidupan – setelah Yogyakarta diluluhlantakkan gempa tektonik 5,9 SR sebulan silam. Tak hanya bidang infrastruktur, tapi juga spirit. Terutama spirit untuk kembali produktif dan kreatif. Dan, dunia fashion seolah tak pernah kehilangan spirit dan energi untuk berinovasi.

“Cukup sudah kita menangis kena musibah bencana gempa. Marilah kita kembali mencari jatidiri untuk kembali eksis dalam kehidupan ini,” kata Indah Widiarti, Manajer Batik Margaria (BM), Yogyakarta. Indah bersama tim sudah mampu kembali berkreasi dengan spesifikasinya selama ini, yakni batik yang dipresentasikan ke dalam aneka kebaya klasik . Untuk kreasi terbarunya ini, dia memberi nama Classy Kebaya Batik.


Kebaya Batik Klasik

Motif batik memang menjadi spesifikasi Margaria. Apalagi dalam perkembangannya batik mulai menjadi menu “wajib dimiliki” bagi sebagian kalangan yang sering menghadiri acara – acara formal, karena tak jarang penyelenggara mencantumkan dress code batik untuk para tamu undangannya.

Batik, warisan leluhur yang lekat dengan image tradisional dan serba klasik, kini pun bisa tampil lebih fashionable dengan nafas modern dan sentuhan modifikasi yang kreatif. Metamorfosa batik ini disambut positif oleh Margaria Batik, hal ini ditandai dengan adanya pemunculan produk baru Margaria Batik dengan karakter motif batik yang relatif masih jarang ditemui yaitu motif modern kontemporer namun tetap unik dan menonjolkan kesan classy,

eksotik dan elegan.

“Melalui Wisma Batik dan Butik Batik Margaria, kami memang menjadikan gerai khusus batik di kawasan bisnis dan turis Jl Malioboro dan Ahmad Yani. Namun kami lebih mengutamakan agar bisa mempersembahkan batik dengan kualitas standar,” kata Indah.

Mengenai koleksi terbaru ini berjudul Classy Kebaya Batik ini, Indah memaparkan terdiri dari 4 koleksi kebaya modifikasi dan blus: Kebaya Bordir Terawang Sutera ATBM Pekalongan, Kebaya Bordir Untai Bunga, Kebaya Bordir Bunga , Kebaya Bordir Terawang Sutera ATBM Jogja, dan Blouse Classy Batik (Atasan) sutera ATBM yang masing – masing didesain agar kesan elegan dan eksotik lekat bagi pemakainya.

Inspirasi mode koleksi ini berasal dari kebaya Jawa dengan pilihan karakter garis leher V, lingkar dan kerah khas Tiongkok yang kemudian diaplikasikan dalam model kebaya modern dengan sentuhan bordir terawang plus pengkayaan motif batik modern – kontemporer pada padanan kebaya berupa sarung selendang batik. Sedangkan Blouse Classy Batik terinspirasi dari kebijakan beberapa instansi yang mulai menyosialisasikan pemakaian blouse batik sebagai seragam kantor (uniform) pada hari-hari tertentu

Karakter batik bernuansa modern kontemporer menjadi kekuatan utama koleksi ini, dengan perpaduan motif tradisional, abstrak dan padu padan motif kombinasi. Ragam model Classy Kebaya Batik ini tersedia dalam pilihan model antara lain lengan panjang lonceng, lengan 3/4 dan lengan pendek dengan berbagai macam potongan garis leher misal garis leher V, kerah lingkar maupun kerah Tiongkok. Sedangkan untuk aspek padu-padan, Classy Kebaya Batik ini bisa dimatch-kan dengan aneka model bawahan seperti celana pipa, rok mermed, rok berstlye model A-line, atau rok model 3/4 maupun

model 7/8.

Material Classy Kebaya Batik dari bahan sutera organdi salur, rose silk, serat nanas, cotton, dan sutera ATBM Pekalongan dan Yogya. Masing – masing item dimodifikasi dengan sentuhan detail bordir terawang, bordir bunga, dan payet. Untuk melengkapi penampilan busana Classy Kebaya Batik bisa dipadukan selendang dengan motif dan warnanya senada sesuai atasan kebayanya.

Sesuai dengan performa kebaya yang elegan, Classy Kebaya Batik akan menjadi sangat menarik untuk dikenakan pada acara – acara formal, seperti acara pesta pernikahan, acara protokoler atau seremoni wisuda. Untuk waktu pemakaiannya customer bisa bereksperimen dengan pilihan warna, di waktu malam hari bisa mengenakan Classy Kebaya Batik dengan pilihan warna – warna basic dan untuk acara siang hari bisa tampil dengan warna – warna cerah.

Keunggulan Classy Kebaya Batik adalah bahannya nyaman dipakai, menyerap keringat (higroskopis) dan motifnya dibuat dengan teknik tulis halus pada sutera ATBM, nilai lebih model kebaya ini pada desain dengan sentuhan bordir sehingga berkesan eksklusif. Butik Margaria yang diperuntukkan bagi kalangan menengah keatas ini juga sangat menjaga eksklusivitas produk, oleh karena itu butik Margaria sangat membatasi jumlah produk yang keluar

(limited edition). Selain itu, jenis busana ini adalah merupakan produk new arrival, inovasi terbaru batik Margaria di bulan Juni tahun ini.

Di gerai Margaria batik ini tersedia warna – warna kebaya yang cukup familiar dengan warna batik pada umumnya yaitu coklat emas, off white, dan sogan, akan tetapi ada pula pilihan warna lain yang lebih variatif seperti merah, biru, merah maroon, dan baby blue.

Sumber : (Esti)-g Kedaulatan Rakyat, Jogja