Setaman, Surganya Batik dan Kerajinan

Saat Anda berkunjung ke kota Jogja, tentunya tak akan melewatkan Malioboro yang sudah menjadi ikon kota budaya ini. Malioboro memang menawarkan banyak hal, mulai dari mall yang menjadi lambang modernitas sampai dengan pedagang kaki lima yang menyajikan berbagai makanan khas dan kerajinan tradisional. Sehingga tidak mengherankan bila ada yang menyebutnya sebagai surganya belanja.

Jika Anda ingin lebih mengenal kebudayaan Jogja, datanglah ke Keraton yang terbuka untuk umum. Di tempat ini Anda bisa mendapatkan banyak pengetahuan mengenai awal berdirinya kota budaya ini hingga peninggalan-peninggalan dan tokoh-tokohnya. Lokasinya sangat mudah dijangkau, bila Anda telah berada di Mallioboro ambilah jalan lurus menuju Alun-alun Utara. Perjalanan dapat dinikmati dengan naik becak atau andong bahkan berjalan kaki saja.

surga nya batik dan kerajinan

Setelah menikmati suguhan di Keraton, sangat disayangkan bila langkah kaki Anda tidak diarahkan menuju pasar Ngasem yang berdempetan dengan Taman Sari. Tempat ini tidak jauh dari Keraton, bahkan Anda dapat mencapainya hanya dengan melangkahkan kaki ke aras barat sedikit dan berbelok ke selatan.

Memasuki jalan pasar ini Anda akan langsung disambut dengan jajaran kios yang menawarkan aneka sangkar burung. Jangan heran, karena tempat ini memang mendapat predikat sebagai pasar burung. Tetapi jangan mengira bahwa Anda hanya akan menemukan burung, karena di pasar yang berlatar belakang Taman Sari ini juga menjadi tempat persinggahan ikan dan binatang piaraan lain seperti, anjing, kucing, ular, kura-kura, dan sebagainya.

Jika Anda berencana untuk menjadikan pasar Ngasem dan Taman Sari sebagai persinggahan terakhir dari perjalanan di pusat kota, jangan lupa untuk mampir ke Setaman yang ada di ujung sayap kanan pasar ini.

Di tempat yang dari luar hanya nampak seperti toko batik ini Anda akan menemukan banyak kejutan. Disana terdapat banyak pintu yang akan menghubungkan Anda dengan ruangan-ruangan yang menyajikan berbagai karya seni unik.

Di ruangan sebelah kanan, Anda dapat menikmati aneka kerajinan kalsik dan perak. Memasuki ruangan lebih dalam, Anda akan disambut dengan jajaran lukisan batik serta keramik dan wayang. Sebagian kerajinan inni berasal dari Kampung Taman dan Taman Sari yang terletak di belakang showroom ini. Untuk mendapatkan berbagai lukisan batik tadi Anda dapat mengeluarkan uang antara Rp 30.000 sampai dengan Rp 100.000

Setelah menikmati berbagai karya seni di ruangan ini, Anda dapat kembali melihat-lihat berbagai koleksi baju batik di sebelahnya. Lebih masuk lagi, Anda akan menemukan ukiran-ukiran yang tertulis pada hamparan kain sutra. Berbagai motif batik mulai dari Pekalongan hingga Solo bisa ditemukan disini. Namun bagi Anda yang menginginkan batik produksi Setaman, motif Jogja adalah keahliannya.

Usaha batik milik Hj Siti Utami Pertiwi ini diproduksi di Ringroad Selatan. Berbagai koleksi baju mulai dari anak-anak hingga dewasa pria dan wanita dirancang khusus bagi Anda. Sebagai gambaran, kemeja pria sutra tulis harganya berkisar antara Rp 500.000 sampai dengan Rp 2.000.000, tergantung dari jenis bahan dan kerumitan pembatikannya. Sementara untuk sutra wanita yang terdiri dari bahan busana dan selendang harganya berkisar antara Rp 500.000 sampai dengan Rp 15.000.000. Untuk Sarimbit atau setelan pasangan pria dan wanita dengan bahan sutra ATBM (alat tenun bukan mesin) dihargai Rp 2.470.000. Cukup mahal mungkin, tetapi kualitas bahan dan motif yang tiada duanya sehingga tidak akan ada orang yang memiliki motif serupa, memberi kepuasan tersendiri.

Untuk membawanya sebagai buah tangan bagi banyak teman dan kerabat, Anda dapat membeli kerajinan atau baju yang lebih murah. Batik berbahan katun bisa menjadi salah satu alternatifnya. Sebagai contoh, kemeja pria dengan batik cap dijual dengan harga Rp 37.500, sementara untuk batik tulis dihargai Rp 135.000. Pilihan lainnya adalah baju santai yang harganya berkisar antara Rp 13.000 sampai dengan Rp 75.000 .

Bila Anda tidak menemukan model atau ukuran dan motif yang kurang sesuai dengan selera Anda, tempat ini menyediakan service jahitan dengan tarif Rp 85.000 per potong. Jangan khawatir meskipun rumah Anda jauh dari Jogja. Setaman dengan super servicenya akan mengirim ke rumah anda tanpa dikenai biaya tambahan. Jadi, Anda tak perlu repot bukan?