Pesona Metamorfosis Batik

Nama Komarudin Kudiya boleh jadi mulai terdengar ketika dia memecahkan rekor dengan membuat kain batik terpanjang. Komar, panggilan pria ini, adalah orang yang setia dengan cara mengolah batik sehingga tampil beda. Komar menyajikan batiknya dengan motif-motif unik seperti bentuk geometris yang berasal dari desain-desain islami dan motif bernuansa arab. ”Motif-motif ini juga bisa disesuaikan dengan teknik batik yang dikerjakan,” kata pemilik Rumah Batik Komar ini.

Ketika akhirnya Komar bertemu dengan para perancang busana Muslim, batik-batiknya pun hadir menawan dengan beraneka cutting, aplikasi, dan paduan kain.

Ketika berlangsung pergelaran busana di Butik Mumtaaz, Jakarta, belum lama ini, batik-batik Komar tampil indah lewat karya para desainer seperti Boyonz Ilyas, Kusuma Putri, dan Toera Imara.

batik indonesia karya iwan tirta

Tentu saja, masing-masing desainer mencuatkan ciri khas tersendiri. Seperti Kusuma Putri yang menyedot perhatian dengan kebaya tunik berwarna terang yang berpadu dengan kain thai silk dan bordir di atasnya. Sedangkan Toera Imara mencuat dengan busana berwarna ungu dan kuning kunyit yang lengkap dengan aplikasi. Inilah metamorfosis selembar batik.

Sumber : (neh) Republika Online